Cara ternak lovebird di kandang baterai - Majalah Burung

Header Menu

Cara ternak lovebird di kandang baterai

Ternak lovebird tidaklah semudah yang dikira oleh banyak orang. Butuh kesabaran yang ekstra serta perawatan yang telaten agar bisa mendapatkah hasil sesuai yang diinginkan. Berikut cara ternak lovebird di kandang baterai

baterai



Ada tiga hal yang harus diperhatikan saat akan memulai usaha ternak lovebird di kandang baterai yaitu pemilihan lokasi dan kandang, pemilihan indukan, dan manageman penangkaran yang meliputi perawatan  sebelum dan sesudah bertelur. 

Untuk pemilihan lokasi sebaiknya digunakan lokasi yang aman dan jauh dari jangkauan hewan peliharaan lain seperti anjing atau kucing, selain itu tempatkan kandang ternak di tempat yang tidak terlalu lembab. 

Gunakan kandang baterai yang sudah dilengkapi dengan tempat makanan, minuman, dan juga tenggerannya. Siapkan juga tempat sarang yaitu glodok lengkap dengan bahan untuk pembuatan sarangnya seperti bubuk kayu dan kulit jagung. 

Gantungkan tulang sotong di dalam kandang ternak karena tulang sotong memiliki banyak kandungan iodium yang berguna saat indukan akan bertelur. 

Untuk pakan harian cukup diberikan potongan kecil kangkung, jagung manis dan buah-buahan segera sebagai pakan tambahannya atau EF. Adapun untuk pakan utama diberikan biji-bijian seperti biasanya. 

Setelah persiapan kandang, langkah berikutnya adalah memilih sepasang indukan yang sudah cukup umur untuk berbiak atau akan lebih baik lagi jika indukan tersebut sudah pernah bertelur karena memiliki keberhasilan lebih tinggi dibandingkan memilih indukan yang belum berjodoh atau belum sepasang murni. 

Setelah keduanya dimasukkan dalam kandang ternak, Peternak cukup memantau perkembangan indukan dan melakukan perawatan yang sesuai seperti menjaga ketersediaan pakan dan air minumnya serta menjada kebersihan kandang ternak.

Oke, itu saja ya tips untuk hari ini.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar