Ciri Split Biola dan Cara mudah Mencetak Biola - Majalah Burung

Header Menu

Ciri Split Biola dan Cara mudah Mencetak Biola

Lovebird biola adalah jenis lovebird yang berasal dari mutasi genetik. Lovebird ini memiliki penampilan yang sangat mempesona bagi kalangan peternak lovebird di Nusantara. Karakter khasnya adalah motif batik yang terdapat pada bagian sayapnya menjadikan penampilannya makin cantik.

Ciri Split Biola dan Cara mudah Mencetak Biola



Di kalangan breeder, lovebird biola dikenal juga dengan opaline dan merupakan mutasi gentik dari jenis lovebird muka salem yang pertama kali muncul di penangkaran lovebird Becky Anderson di Michiagan, Amerika Serikat.

Adapun lovebird split biola umumnya adalah jenis lovebird yang berjenis jantan dengan penampilan warna yang diturunkan oleh indukan biola. Bisa saja kedua induknya dari jenis biola yang sama atau salah satu di antaranya memiliki penampilan biola.

Beberapa waktu terakhir, lovebird split biola banyak dicari kalangan peternak yang menyebabkan harga jualnya mengalami peningkatan drastis. 

Ciri-ciri lovebird split biola 


Lovebird split biola pada dasarnya tidak berbeda dengan jenis lovebird lainnya. Jika dilihat secara fisik dan kondisinya, penampilannya pun hampir sama. Tapi secara genetika, lovebird split ini sebenarnya membawa genetik mutasi yang lain.

Bagi sebagian orang tentu sangat sulit mengenali ciri-ciri lovebird split biola dari bentuk fisiknya. Namun begitu, ada sejumlah ciri-ciri tertentu yang bisa diamati untuk membedakannya. Nah, ciri-ciri tersebut umumnya berasal dari kalangan peternak yang sudah berpengalaman. Akan tetapi tentu saja, hal ini tidak bisa dijadikan patokan karena tak jarang di lapangan akan sulit sekali mengenali ciri-ciri lovebird split biola ini.

Banyak penggemar dan peternak lovebird lebih mengutamakan kepercayaan saat membeli lovebird jenis split biola.
  
Akan tetapi ada pendapat yang menyebut bahwa lovebird split biola dari hasil perkawinan lovebird betina biola dengan non biola akan memiliki kecenderungan genetik biola dibandingkan dengan lovebird jantan biola dengan biola.

Berikut simulasi perkawinan silang antara kedua lovebird tersebut: 

Perkawinan lovebird jantan biola dengan betina warna bebas akan menghasilkan lovebird jantan biola karena genetik pada indukan jantan akan langsung mencetak anakan biola meski betinanya memiliki warna bebas / apa saja. Itu sebabnya, lovebird biola berjenis jantan akan memiliki harga lebih tinggi dari biola betina.

Perkawinan lovebird jantan biola dengan betina biola akan menghasilkan lovebird biola jantan atau betina biola jika indukannya adalah murni.

Perkawinan lovebird split biola jantan dengan betina warna bebas akan menghasilkan lovebird jantan biola (bisa split bisa juga jantan/betina biasa), sangat kecil sekali kemungkinan untuk mendapatkan anakan betina biola.

Perkawinan lovebird split biola jantan dengan lovebird biola betina akan menghasilkan lovebird biola jantan / betina biola atau bisa juga jantan/betina biasa. 

Perkawinan jantan warna bebas dengan lovebird biola betina akan menghasilkan jantan biola atau bisa juga lovebird betina biasa. 

Nah demikian ciri split biola dan simulasi mencetak lovebird biola.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar