Manfaat daun caisim untuk lovebird dan kenari - Majalah Burung

Header Menu

Manfaat daun caisim untuk lovebird dan kenari

Ada banyak jenis sayuran yang dapat diberikan kepada burung lovebird untuk mendukung perawatan hariannya, terlebih lagi kandungan antioksidan dalam sayuran cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk imunitasnya, pemberian sayuran hijau juga dapat menjadikan burung lebih aktif dan rajin bunyi. Salah satunya adalah daun caisim, Nah berikut ini beberapa manfaat daun caisim untuk lovebird dan kenari.

Manfaat daun caisim untuk lovebird dan kenari



Daun caisim dikenal juga dengan sebutan sawi hijau. Meski serupa namun daun caisim sangat berbeda dengan pakcoy maupun kailan. Caisim umumnya memiliki bentuk batang daun yang panjang dan langsing. 

Bagi orang-orang di Asia, daun caisim cukup populer sebagai bahan makanan. Anda akan menemukan beragam resep masakan yang menggunakan daun sawi hijau ini, termasuk juga sering digunakan dalam olahan mie rebus atau bahkan bakso.

Kandungan antioksidan dalam caisim sangat baik untuk kesehatan tubuh. Itu sebabnya, daun ini pun kerap dijadikan makanan tambahan untuk burung kesayangan, terutama lovebird dan kenari yang memang menyukai sayuran.

Selain kaya antioksidan, daun caisim juga memiliki kandungan indoles yaitu senyawa yang dapat menghambat kerusakan sel, karoten, lutein, dan zeaxanthin. Bukan itu saja, daun caisim segar pun mengandung banyak vitamin A dan C. Karena kandungannya tersebut, teman kicaumania tidak perlu ragu lagi memberikan daun caisim untuk burung lovebird maupun kenari. 

Dengan tercukupinya nutrisi yang diterima burung, tentu mereka akan jadi lebih berstamina, aktif, dan sehat, sehingga akan selalu terpancing untuk rajin berkicau. 

Cara memberikan daun caisim untuk lovebird dan kenari 

Teman kicaumania dapat memberikan daun caisim untuk lovebird dan kenari dalam beragam cara, yaitu:
  • Sebelum digunakan daun caisim dicuci bersih terlebih dulu menggunakan air yang mengalir. 
  • daun caisim diberikan dengan cara digantungkan di dalam sangkar hariannya.
  • Daun caisim diberikan dengan cara dipotong-potong kecil lalu diletakkan dalam cepuk pakan tambahannya (EF).
  • Daun caisim dipotong-potong kecil lalu dicampurkan dengan irisan buah dan sayuran lain.
  • Potongan kecil daun caisim dicampurkan dengan bahan dalam pembuatan egg food.

Setelah mengetahui manfaat daun caisim untuk lovebird dan kenari, apakah sobat kicaumania mau memberikannya pada burung kesayangan?

Semoga bermanfaat 



Posting Komentar

0 Komentar