Manfaat daun mengkudu untuk lovebird - Majalah Burung

Header Menu

Manfaat daun mengkudu untuk lovebird

Buah mengkudu rasanya tidak enak, tapi sebagai tanaman herbal, tanaman mengkudu memiliki banyak manfaat terutama untuk burung peliharaan seperti lovebird. Nah, berikut manfaat daun mengkudu untuk lovebird yang perlu diketahui.

Meski rasanya pahit, tapi buah mengkudu memilik banyak manfaat untuk manusia. Beragam jenis penyakit kronis bisa disembuhkan dengan penggunaan buah ini secara tepat. Tapi tidak hanya buahnya saja, daun mengkudu pun sangat bermanfaat untuk burung lovebird.

Manfaat daun mengkudu untuk lovebird




Tanaman mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia l. dan termasuk dalam keluarga Rubiaceae. Bagian daunnya memiliki banyak antioksidan dan kandungan bermanfaat lain seperti selenium, xeronine, glikosida, vitamin A, terpenoid, dan banyak lagi.

Manfaat daun mengkudu ternyata juga bisa dinikmati oleh burung ocehan lainnya selain lovebird. Berikut beberapa manfaat daun mengkudu untuk lovebird: 

  1. Bermanfaat untuk menyembuhkan suara serak
  2. Menjadikan volume suara makin maksimal
  3. Menjadikan lovebird cepat gacor jika disertai rawatan yang sesuai
  4. Mengatasi burung bersuara ngeriwik agar cepat ngeplong
  5. Melancarkan fungsi pencernaan
  6. Membantu meningkatkan kesuburan burung induan
  7. Meningkatkan daya tetap telur
  8. Membantu mengurangi stres pada burung lovebird
  9. Membantu meningkatkan stamina burung
  10. Menjaga tubuh tetap langsing dan tidak kegemukan

Umumnya, cara pemberian daun mengkudu untuk lovebird dilakukan sebagai berikut: 

1. Digantungkan di dalam sangkar

Daun mengkudu dapat diberikan dengan cara digantung di dinding sangkarnya.Selembar daun mengkudu muda dibersihkan terlebih dulu dengan air bersih, setelah itu digantungkan pada dinding sangkar menggunakan bantuan lidi atau tali. Berikan 2-3 kali setiap minggunya.

2. Dengan cara direbus
 
Beberapa lembar daun mengkudu muda direbus sampai berubah airnya. Setelah itu, air rebusan disaring menggunakan saringan lalu disimpan dalam lemari pendingin. Setelah dingin, air rebusan daun mengkudu diberikan kepada burung lovebird dalam cepuk terpisah.

Demikian manfaat daun mengkudu untuk lovebird yang perlu diketahui.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

2 Komentar