Manfaat jahe untuk lovebird - Majalah Burung

Header Menu

Manfaat jahe untuk lovebird

Jahe yang biasa digunakan untuk bahan resep masakan ternyata bisa dimanfaatkan untuk burung peliharaan. Ada beragam manfaat positif jika burung seperti lovebird rutin mengkonsumsi jahe. Seperti apa cara pemberiannya, simak dalam manfaat jahe untuk lovebird berikut ini.

Manfaat jahe untuk lovebird



Manfaat jahe untuk lovebird yang sudah terkenal di kalangan kicaumania adalah untuk memberikan rasa hangat pada tubuh burung. Namun disamping itu, ada beragam manfaat lain yang tak kalah bagusnya, yaitu:

Mengatasi suara serak 

Salah satu manfaat jahe untuk lovebird yang paling umum adalah mengatasi suara serak. Burung yang bersuara serak tentu tidak akan bisa tampil dengan maksimal, nah jika lovebird rutin mengkonsumi jahe maka suara serak akan berubah jadi suara yang lebih keras dan kristal. 

Adapun cara pemberian jahe untuk mengatasi suara serak adalah merebus potongan jahe yang sudah digeprek. Setelah matang dan berubah warna, air rebusan jahe kemudian dicampur dengan bahan lain seperti madu maupun air perasan jeruk nipis ke dalamnya. Setelah didinginkan, air rebusan disaring lalu diberikan kepada burung lovebird yang bersuara serak. Pemberian air jahe ini dilakukan seminggu 2 kali.

Mencegah stres di perjalanan 

Manfaat jahe untuk lovebird lainnya adalah membantu mencegah stres burung di perjalanan, khususnya saat akan dibawa ke arena lomba yang berjarak cukup jauh. 

Suhu dalam kendaraan yang cukup panas dan jarak perjalanan yang menyita waktu panjang dapat menjadikan burung rentan stres. Dengan memberikan jahe maka burung lovebird setidaknya akan terhindar dari hal tersebut.

Adapun pemberian jahe untuk mencegah stres adalah sebagai berikut: 

Jahe dibakar, setelah matang digeprek lalu diseduh dengan air panas. 
Tambahkan gula merah lalu aduk hingga bercampur rata.
Dinginkan lalu berikan pada burung lovebird.

Jahe sebagai makanan tambahan (EF)

Tidak hanya bermanfaat untuk ramuan saja, tetapi jahe pun dapat diberikan sebagai salah satu makanan tambahannya atau EF. Caranya adalah dengan menghaluskan jahe sampai menjadi bubuk lalu dicampurkan ke dalam pakan burung. 

Nah, itulah beberapa manfaat jahe untuk lovebird.

Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar

1 Komentar