Manfaat daun binahong untuk lovebird - Majalah Burung

Header Menu

Manfaat daun binahong untuk lovebird

Binahong memiliki nama latin Bassela rubra linn atau dikenal juga dengan sebutan daun Deng San Chi. Tanaman yang merupakan tumbuhan obat ini banyak tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Bagi lovebird mania, daun binahong ternyata memiliki banyak manfaatnya. Berikut beragam manfaat daun binahong untuk lovebird

Manfaat daun binahong untuk lovebird



Binahong tergolong tanaman herbal yang sudah dikenal manfaatnya sejak lama. Adapun manfaat daun ini tidak terlepas dari kandungan maupun zat aktif yang terdapat di dalam tanaman ini. 

Bagi manusia, daun binahong dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit mulai dari menurunkan darah tinggi, mengeringkan luka, mengatasi gatal dan sariawan, hingga penangkal stroke. Bagi kicaumania, daun binahong juga banyak diberikan kepada burung peliharaannya terutama dari jenis lovebird karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahannya.

Ragam manfaat daun binahong untuk lovebird:

  • Untuk menambah stamina
  • Menyembuhkan luka 
  • Mengatasi penyakit pencernaan dan diare
  • Memulihkan burung dari stres
  • Menghangatkan tubuh saat suhu dingin
  • Menangkal penyakit yang disebabkan oleh bakteri
  • Membantu meringankan penyakit snot pada lovebird

Cara memberikan daun binahong pada burung lovebird: 

Daun dicuci lebih dulu menggunakan air bersih yang mengalir
Untuk membersihkan lebih lanjut dapat dicuci menggunakan air garam
Cara pemberiannya cukup digantungkan di dalam sangkarnya, atau dipotong-potong dalam irisan kecil lalu dicampurkan bersama pakan.


Untuk mengatasi luka atau cedera yang terjadi pada burung lovebird bisa dengan cara menumbuk daun binahong sampai keluar cairannya. Air hasil tumbukan inilah yang digunakan untuk menutupi luka maupun cedera yang terjadi pada lovebird.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

1 Komentar