Cara mengatasi lovebird terkena snot - Majalah Burung

Header Menu

Cara mengatasi lovebird terkena snot

Snot adalah salah satu penyakit yang lazim dialami oleh burung peliharaan, khususnya lovebird. Gejala yang tampak adalah mata yang bengkak dan berair dan burung yang menjadi kurang aktif. Meski snot menyerang mata, tapi penyakit ini justru menyerang organ pernafasannya. Jika tidak segera diatasi, maka bisa berakibat sangat fatal bagi burung yang mengalaminya. Untuk itu, simak cara mengatasi lovebird terkena snot berikut ini.

Cara mengatasi lovebird terkena snot



Lovebird adalah burung yang sangat aktif dan lincah. Ketika terkena penyakit, maka akan mudah sekali dideteksi dari perubahan perilakunya. Snot adalah penyakit yang bisa memberikan dampak buruk jika dibiarkan tanpa pengobatan. Oleh karena itu, sebelum terlambat beberapa cara mengatasi snot pada lovebird berikut ini bisa menjadi bentuk pertolongan pertama yang harus dilakukan.


Cara Mengatasi lovebird terkena snot


Ada dua tahap mengatasi lovebird terkena snot, yaitu langsung pada sumber penyakit dan menyembuhkan gejala yang muncul akibat snot. 

Tahap pertama adalah mengatasi masalah pernafasan dengan memberikan obat-obatan yang tepat. Di pasaran banyak dijual obat-obat khusus burung peliharaan, silakan cari obat untuk mengatasi gangguan pernafasannya dari produk yang sudah Anda percaya.

Tahap berikutnya adalah memberikan obat tetes langsung pada bagian mata yang menderita. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan tanaman herbal seperti kitolod atau menggunakan obat tetes berbahan kimia yang kini banyak dijual di toko perlengkapan burung peliharaan.

Adapun untuk penggunaan bunga kitolod adalah dengan cara mencelupkan beberapa bunga kitolod ke dalam segelas air bersih. lalu  meneteskan cairan yang keluar dari batang bunga langsung ke mata burung penderita.

Itulah cara mengatasi lovebird terkena snot.

Semoga bermanfaat


Posting Komentar

1 Komentar